-->

Friday, November 14, 2014

Sejarah Singkat Berdirinya Unimed (Universitas Negeri Medan)


Selamat malam para pengunjung tyarazcha, semoga kalian semua dalam keadaan yang sehat sehat saja ya. Pada kesempatan ini ingin membagikan/mengshare bioghapy dari kampus hijau yang ada di Medan, Sumatera Utara atau yang dikenal dengan Unimed (Universitas Negeri Medan). Di kampus unimed telah banyak melahirkan mahasiswa/mahasiswi yang berprestasi yang mengharumkan nama Bangsa dan Negara Indonesia. 

Sejarah Awal berdiri unimed :



Unimed (Universitas Negeri Medan) berdiri pada tahun 23 Juni 1963 dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau IKIP. Ide ini bermula dari Prof. Ani Abbas Manopo. SH yang pada waktu itu beliau menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat di Universitas Sumatera Utara (USU). adapun tujuan dari perubahan IKIP menjadi universitas merupakan peningkatan mutu penyelenggaraan lembaga pendidikan tenaga kependidikan ( LPTK ).

Perubahan kelembagaan menjadi Universitas Negeri Medan yang peresmiannya dilaksanakan pada bulan Februari 2000 dengan SK Presiden No. 124 Tahun 1999, tanggal 7 Oktober 1999 menyebabkan terjadinya perubahan fungsi lembaga dari yang sebelumnya hanya mengelola bidang-bidang jurusan/program studi kependidikan (Dik) yaitu Sarjana Pendidikan (S.Pd), setelah menjadi universitas juga menamatkan sarjana non-kependidikan seperti Sarjana Sains (S.Si), Sarjana Ekonomi (S.E), Sarjana Sastra (S.S) dan sebagainya sesuai dengan jurusan/program studi non kependidikan yang diikuti.

Mulai tahun ajaran 2000/2001, penyelenggaraan pendidikan di UNIMED dalam program kependidikan dan non-kependidikan dilaksanakan dengan mengacu pada format kurikulum bersama untuk bobot enam semester yang dinamai “Kurikulum Bersama Enam Semester Program Nonkependidikan dan Kependidikan” yang telah dimulai pada T.A. 2000/2001. Dengan format seperti ini diharapkan akan terjadi peningkatan mutu lulusan pada kedua jurusan/program studi terutama pada peserta program kependidikan (Sarjana Pendidikan/S.Pd) karena mempunyai kemampuan bidang ilmu yang sama dengan peserta program non-kependidikan.

Sampai saat ini, mahasiswa/mahasiswi Unimed tidak hanya berasal dari Indonesia, namun juga dari negara barat dan tetangga seperti Malaysia.